Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Budaya Populer Yang Perlu Kamu Tahu


Pengertian Budaya Populer Yang Perlu Kamu Tahu - Budaya Populer atau yang biasa kita sebut dengan Makna Budaya POP adalah sekumpulan pemikiran, sudut pandang, tindakan, penilaian fenomena lainnya yang bisa dijumpai dalam kehidupan, terutama dalam sebuah budaya yang berkembang di masyarakat.

Pengertian Budaya Populer Yang Perlu Kamu Tahu


Budaya Populer ini secara mendasar memiliki pengaruh besar dari budaya barat. Selain itu juga, media massa memiliki pernanan yang sangat penting terhadap keberlangsungannya budaya populer ini sendiri. Dengan pengaruh yang besar dari media massa, sekumpulan ide maupun pemikiran dalam budaya popular ini dipandang bisa menembus kehidupan masyarakat.

Di awal perkembangannya yang berada di eropa, Budaya Populer ini banyak dimaknai sebagai budaya yang melekat dengan kehidupan masyarakat pada kelas sosial kebawah. Dimana hal ini menjadi pembeda dari budaya pada elite tertentu yang tinggi.

Selain itu juga, budaya populer ini identik dengan istilah mass culture atau budaya massa, yang di ciptakan serta diminati secara masal. Budaya POP ini sendiri bersifat kontemporer, dimana budaya ini bisa berubah sewaktu” dan muncul secara unik di berbagai tempat dan waktu yang berlainan, mengikuti perkembangan zaman.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang pengertian budaya populer kepada teman teman semuanya. Jika banyak yang belum mengetahuinya, silahkan simak ulasan berikut ini ya !

Budaya Populer

Apa sih budaya populer itu ? Secara etimologi, Budaya populer berasal dari bahasa spanyol dan juga portugis yang memiliki arti yaitu unsur kebudayaan yang berasal dari rakyat. Berdasarkan pada perspektif bahasa dan juga kebudayaan latin, budaya populer ini lebih banyak mengarah ke pemikiran tentang perkembangan kebudayaan dari kreatifitas orang.

Budaya Populer ini juga hasil kreasi dari masyarakat industrial, yang kemudian terjadi interprestasi makna dan hasilnya pun di wujudkan dalam kebudayaan yang di tampilkan secara dominan. Hal ini juga di dukung dengan kemajuan teknologi produksi dan juga penggandaan masal, dengan tujuan agar bisa lebih mudah untuk di akses oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa adanya batasan ruang dan juga waktu.

Pengertian Budaya Populer Lebih Rinci

Budaya Populer adalah serangkaian piranti hiburan serta produk yang diperdagangkan untuk kepentingan materi, dengan tujuan untuk mencari keuntungan. Walau disisi lain, budaya populer ini diciptakan untuk kepentingan yang lain, seperti halnya kepentingan dalam menciptakan tipe budaya politik. Hal ini akan memberikan fakta bahwasanya budaya populer bertautan kepada banyak aspek seperti konsumsi, fashion, politik, dan masih banyak yang lainnya.

Budaya Populer juga budaya yang sengaja dihasilkan oleh media massa, yang kemudian media massa ini akan menyampaikan segala sesuatu terkait dengan kemunculan budaya untuk disesuaikan dengan kondisi dan juga situasi, sehingga bisa di konsumsi oleh kalangan masyarakat.

Nah itulah beberapa penjelasan tentang pengertian budaya populer yang perlu kamu ketahui. Semoga sedikit artikel ini bermanfaat untuk kita semua.