Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seni Lukis Secara Umum Dan Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Seni Lukis Secara Umum Dan Menurut Beberapa Ahli - Siapa di antara kalian semua yang pernah melukis ? Mungkin ada yang bisa dan ada juga yang belum bisa dalam hal melukis. Melihat hasil dari sebuah lukisan membuat kita ingin bisa melukis, namun perlu kamu ketahui bahwasanya jika kita ingin melukis harus memiliki kreatifitas yang besar dan juga keinginan belajar yang tinggi.

Pengertian Seni Lukis Secara Umum Dan Menurut Beberapa Ahli


Namun, jika kita tidak memiliki itu semua kita hanya bisa memandang keindahan lukisan yang di buat oleh para pelukis handal. Nah kira kira tahukah kalian apa itu seni lukis ? 
Untuk kalian yang belum tahu, apa itu seni lukis. Disini saya akan memberikan artikel tentang pengertian seni lukis dan beberapa pengertian seni lukis menurut beberapa ahli. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini :

Pengertian Seni Lukis

Seni Lukis adalah salah satu cabang seni rupa yang tercipta dari imajinasi seniman dan di ekspresikan melalui media garis, warna, tekstur, bahkan bidang dan juga bentuk lukisan yang akan di buat.
Seni Lukis ini merupakan pengembangan yang lebih utuh atau lebih natural dari menggambar. Seni lukis ini disajikan dalam bidang dua dimensi, misalnya saja dalam selembar kertas, kanvas, papan dan masih banyak yang lainnya. Nah, karya yang di buat oleh para pelukis ini disebut dengan lukisan.

Pengertian Seni Lukis Menurut Beberapa Ahli

Selain pengertian Seni Lukis di atas, ada beberapa ahli yang mengartikan seni lukis ini berbeda beda, diantaranya adalah sebagai berikut :

Menurut Gelaria Fasya Art Studio

Pengertian Seni Lukis menurut Gelaria ini adalah cabang atau bagian dari seni rupa. Dimana wujud dari lukisan tersebut adalah karya dua dimensi. Walaupun sedikit sama, namun lukis ini memiliki arti yang lebih luas karena pengembangan yang lebih utuh dari sekedar menggambar saja.

Menurut Harry Sulastianto

Menurut Harry Sulastianto seni lukis ini adalah cabang seni rupa murni yang berwujud dua dimenasi, biasanya hal ini dilakukan di atas kanvas yang menggunaan cat minyak.

Menurut Herbert Read

Menurut Herbert Read, Seni Lukis merupakan kegiatan rohani yang bisa merefleksikan jasmani, dan juga memiliki daya yang bisa membangkitkan perasaan atau jiwa.

Menurut Jim Supangat

Pengertian Seni Lukis menurut Jim Supangat ini adalah sesuatu upaya yang menegaskan kembali pengalaman masa lalu pada konteks saat ini / sekarang.

Menurut Mike Susanto

Mike Susanto mengungkapkan bahwasanya seni lukis ini adalah karya menusia yang mengkomunikasikan pengalaman batinnya, pengalaman batin ini disajikan secara indah sehingga merangsang timbilnya pengalaman batin pula dengan manusia lain yang menghayati lukisan tersebut.
Nah itulah beberapa pengertian seni lukis menurut para ahli, dengan arti yang berbeda beda namun intinya hanya 1 yakni seni lukis adalah karya dua dimensi yang lebih utuh dari sekedar menggambar saja.

Demikianlah artikel yang saya berikan kepada teman teman semua tentang pengertian seni lukis dan menurut beberapa ahli, semoga sedikit artikel ini bermanfaat untuk kita semua.