Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ilmu Dan Keutamaan Memiliki Ilmu Dalam Islam

Pengertian Ilmu Dan Keutamaan Memiliki Ilmu Dalam Islam - Seorang muslim tidak cukup hanya dengan menyatakan keislamannya tanpa berusaha untuk memahami islam dan juga mengamalkannya. Pernyataan ini harus di buktikan dengan cara melaksanakan konsekuensi dari Islam itu sendiri. Dan untuk melaksanakan konsekuensi tersebut dari pengakuan bahwa kita ini sudah islam adalah dengan cara menuntut ilmu.

Pengertian Ilmu Dan Keutamaan Memiliki Ilmu Dalam Islam


Apakah ilmu itu wajib ?

Nah, pada artikel kali ini saya akan memberikan artikel tentang wajibnya menuntut ilmu terutama untuk umat islam. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan berikut ini.

Menuntut Ilmu Itu Wajib

Rosulullah Shalallu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa : 
“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap Muslim” (Hr. Ibu Majah)
Menuntut ilmu hukumnya adalah wajib bagi setiap muslim dan muslimah. Ketika sudah turun perintah Allah yang mewajibkan suatu hal, sebagai muslim kita harus taat kepada perintah Nya. 

Sesuai dengan firman Allah Ta’ala pada surat An Nuur Ayat 51 yang artinya adalah sebagai berikut :
“Sesungguhnya ucapan orang orang yang beriman apabila diajak untuk kembali kepada Allah dan Rosul Nya agar Rosul itu memberikan keputusan hukum diantara mereka hanyalah dengan mengatakan. Kami mendengar dan kami taat. Dan hanya merekalah orang orang yang berbahagia.” (QS. An Nuur : 51)

Sebagaimana disaat kita meluangkan waktu sholat. Ketika sudah menunjukan waktu sholat, pasti kita akan meluangkan waktu untuk Sholat. Misalnya saja ketika kita sedang bekerja, jika sudah datang waktu sholat kita wajib meninggalkan pekerjaan tersebut dan menunaikan kewajiban yakni Sholat tersebut.

Apa sih Ilmu itu ?

Mungkin banyak sekali yang masih keliru mengartikan apa itu Ilmu. Ilmu adalah kunci dari segala kebaikan, Ilmu merupakan sarana untuk menunaikan apa yang telah Allah wajibkan kepada kita. Tidak akan sempurna keimanan dan tidak akan sempurna amal kita kecuali dengan adanya Ilmu. Dengan ilmu Allah disembah, dengannya hak Allah di tunaikan, dan dengan ilmu pula agama Nya disebarkan.

Kebutuhan pada ilmu sangatlah besar dari pada kebutuhan makanan dan minuman, karena kelestarian urusan agama dan dunia bergantung kepada Ilmu. Imam Ahmad mengatakan bahwa “Manusia lebih memerlukan ilmu dari pada makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman ini hanya dibutuhkan dua atau tiga kali saja dalam sehari, sedangkan ilmu itu sendiri diperlukan setiap waktu”.

Keutamaan Ilmu Dan Pemilik Ilmu

Ada beberapa dalil dari kitab Allah dan sunna Rosul Nya yang terkait dengan Keutamaan Ilmu dan Pemilik Ilmu itu sendiri. Diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Ilmu Menyebabkan Dimudahkannya Jalan Menuju Surga. Hal ini sebagaimana ditunjukan oleh Hadist Abu Hurairah, bahwa Rosulullah Shallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : “Barang siapa yang menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju Syurga” (HR. Muslim)
  2. Ilmu Adalah Warisan Nabi. Ilmu ini adalah warisan dari para Nabi, sebagai mana yang dinyatakan dalam sebuah Hadist :

“Para ulama adalah pewaris nabi, sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham tetapi mewariskan ilmu. Maka dari itu, barang siapa yang mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang cukup” (HR. Abu Dawud, At Tirmidzi, Dan Ibnu Majah)


Nah itu dia beberapa keutamaan ilmu dan pemilik ilmu, sebenarnya Ilmu tidak akan pernah habis atau hilang walau kamu sudah meninggal sekalipun. Maka dari itu, ada pepatah mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke negeri china. Yang mana tidak ada batasan usia untuk kita tetap menuntut ilmu.


Demikianlah artikel yang saya bagikan kepada teman teman tentang Ilmu dan Kutamaan Ilmu. Semoga sedikit artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment for "Pengertian Ilmu Dan Keutamaan Memiliki Ilmu Dalam Islam"