Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Wajib Dan Sahnya Shalat yang Wajib Kamu Ketahui !

Syarat Wajib Dan Sahnya Shalat yang Wajib Kamu Ketahui - Sebagai umat muslim pasti tidak boleh meninggalkan kewajiban utamanya yakni Shalat. Shalat secara bahasa adalah Doa, Rahmat, dan Istighfar. Sedangkan shalat menurut syara’ adalah ibadah yang tersusun dari beberapa kata perkataan, perbuatan yang dimulai dengan ucapan takbir, dan diakhiri dengan salam. 

Syarat Wajib Dan Sahnya Shalat yang Wajib Kamu Ketahui
Ka'bah Sebagai Kiblat Shalat


Sholat ini hukumnya wajib untuk seorang muslim dan muslimah, karena sebagaimana firman Allah : 
“Dirikanlah Shalat, sesungguhnya Shalat itu mencegah (perbuatan) keji dan mungkar” (QS. Al Ankabut : 45 )

Sebagai seorang muslim, kita harus mengetahui tentang syarat syarat wajibnya sholat. Kira kira teman teman sudah pada tahu belum ya ? Untuk yang belum tahu, silahkan simak ulasan berikut ini :

Syarat Syarat Wajib Shalat 

Ada beberapa syarat wajibnya sholat yang wajib kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Beragama Islam, sudah jelas. Karena shalat adalah ibadah yang khusus dengan cara dan syarat yang memang sudah ditentukan yaitu mengikuti apa yang sudah di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  2. Berakal sehat, maksudnya memang hanya orang yang tidak sedang hilang ingatan yang diwajibkan mengerjakan perintah shalat ini.
  3. Suci Dari Haid dan Nifas. Untuk syarat yang satu ini secara khusus diperuntukkan bagi kaum wanita, sedangkan untuk kaum adam tidak.
  4. Sudah Baligh. Artinya adalah sudah dewasa secara fisik, untuk ketentuan antara pria dan wanita tentu berbeda. Namun untuk wanita biasanya ditandai dengan sudah mengalami haid atau menstruasi.
  5. Sampainya Dakwah Islam. Orang yang diwajibkan mendirikan shalat adalah mereka yang memeluk islam ditandai dengan ikrar dua kalimat syahadat.



Selain beberapa syarat wajibnya sholat di atas, ada juga syarat sahnya sholat. Salah satunya adalah tentang bersuci, karena dalam islam beribadah kepada Allah, kita harus suci dan tidak boleh menggunakan pakaian yang kotor. Tidak kotor disini diartikan sebagai terbebas dari hadats baik kecil, sedang maupun besar dan najis.

Beberapa syarat sah nya sholat di antaranya adalah sebagai berikut :

Syarat Sahnya Shalat

  1. Suci Dari hadast Kecil dan Besar. Yang artinya adalah ketika kita akan menunaikan ibadah shalat, kita diwajibkan untuk suci dari hadast kecil dan besar. Misalnya saja seperti kita sedang buang air kecil dan besar, sesudah buang air kecil dan besar ketika akan menunaikan ibadah sholat, diwajibkan kepada kita untuk bersuci dengan cara berwudhu.
  2. Suci Badan, Pakaian, Dan Tempat. Yang dimaksud dari kata di atas adalah, kita harus menggunakan pakaian yang bersih badan yang bersih, dan juga tempat yang bersih yang terhindar dari kotoran atau najis.
  3. Menutup Aurat. Dalam menjalankan ibadah sholat, kita semua di wajibkan untuk menutup aurat. Untuk laki laki di menutup aurat mulai dari Badan hingga bawah lutut. Sedangkan perempuan menutupi seluruh anggota badannya kecuali wajahnya.
  4. Sudah Masuk Waktu Sholat. Selain ketiga di atas, syarat sahnya shalat selanjutnya adalah sudah memasuki waktunya shalat. Jika belum memasuki waktu shalat wajib, maka shalat kita tidak akan di terima di sisi Allah.
  5. Menghadap Kiblat. Syarat sahnya shalat yang terakhir adalah menghadap kiblat, jika kita melakukan shalat tanpa menghadap ke kiblat, maka shalat kita tidak akan di terima disisi Allah Subhanahu Wa taala.



Nah itulah beberapa syarat wajibnya shalat dan syarat sahnya shalat. Sebagai seorang muslim dan muslimah, wajib bagi kita mengetahui itu semua. Karena shalat ini adalah kewajiban yang harus di tunaikan untuk seluruh umat muslim yang ada di dunia ini. Terlebih nabi sudah berpesan untuk senantiasa mendirikan shalat dengan mengatakan bahwa  "Shalat adalah tiang agama." Tegak dan identitas tunggal islam adalah shalat, jadi jika shalat ditegakkan maka tegakah islam didunia ini.

Demikianlah artikel yang saya berikan kepada teman teman tentang syarat sah dan wajibnya shalat. Semoga sedikit artikel ini bermanfaat untuk kita semua.
Terima kasih