Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hari Akhir Dan Beberapa Tanda Tandanya


Pengertian Hari Akhir Dan Beberapa Tanda Tandanya -  Sebagai umat muslim kita wajib meyakini bahwa adanya hari akhir atau hari kiamat. Apakah diantara kita sudah menyiapkan bekal untuk menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala ? Apakah iman kita sudah cukup untuk hari akhir nanti ?

Pengertian Hari Akhir Dan Beberapa Tanda Tandanya


Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa ulasan tentang pengertian hari akhir dan beberapa tanda tandanya.. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Hari Akhir

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir ini adalah percaya atau yakin bahwa seluruh alam semesta yang ada di dunia dan seisinya ini akan hancur suatu saat nanti, dan setelah itu akan ada kehidupan yang kekal ( Di Akhirat ).

Menurut bahasa atau etimologi, berimanat kepada hari akhir adalah percaya akan datangnya hari kiamat. Sedangkan menurut terminologi, beriman kepada hari akhir ini adalah percaya dan yakin dengan adanya kehidupan yang kekal setelah kehidupan yang ada di dunia ini.

Beriman kepada hari akhir ini adalah rukun iman yang kelima, dan kita sebagai umat muslim wajib mempercayai akan datangnya hari akhir tersebut. Hari akhir ini adalah suatu peristiwa yang sangat luar biasa dan pasti akan terjadi dimana seluruh makhluk hidup yang ada di muka bumi ini akan dimatikan, kemudian akan di hidupkan kembali untuk mendapatkan perhitungan dan pembalasan atas amal yang pernah mereka perbuat.

Hari Kiamat

Sebagai umat yang beriman kepada Tuhannya pasti percaya, bahwa dunia dan alam semesta ini pada akhirnya akan diakhiri dengan yang namanya kiamat. Hari kiamat adalah hari yang sudah ditentukan oleh Allah untuk mengakhiri kehidupan baik secara menyeluruh atau sebagian bahkan per individu.
Kiamat ini dibagi menjadi dua bagian yakni, kiamat sugra dan juga kiamat kubra.

Pengertian Kiamat Sugra

Kiamat sugra adalah kiamat kecil yang berupa rusaknya sebagian makhluk hidup ataupun lingkungan hidup. Contohnya saja seperti gempa bumi, gunung meletus, dan lain sebagainya.

Pengertian Kiamat Kubra

Kiamat Kubra adalah peristiwa yang sangat besar yang mana seluruh yang ada di muka bumi dan seisinya akan hancur, hal ini sebagai awal dimulainya kehidupan yang kekal di akhirat nanti.

Tanda - tanda kiamat kubro

Beberapa tanda terjadinya kiamat kubra adalah sebagai berikut :
  1. Matahari terbit dari sebelah barat
  2. Waktu akan semakin cepat, sehingga waktu setahun berasa seperti 1 bulan
  3. Keluarnya DAJJAL yang akan menyebarkan fitnah.
  4. Adanya Ya’Jud dan Ma’Jud yang merupakan segolongan manusia yang memiliki kekuatan yang sangat besar dan memiliki fikiran yang sesat.
  5. Turunnya Imam Mahdi ke Dunia untuk meluruskan Syariat Islam
  6. Turunya Nabi Isa alaihissalam yang akan memperjuangkan kebenaran bersama Imam Mahdi
  7. Hilangnya Al Quran dari hati manusia.

Nah itulah beberapa tanda terjadinya hari kiamat kubra, bagaimana dengan kehidupan sekarang ? Beberapa tanda tandanya sudah terlihat dan semakin jelas. Fitnah dimana mana, umat muslim selalu di tindas dan masih banyak yang lainnya.

Maka dari itu, persiapkan diri kita mulai dari sekarang juga untuk memperbaiki kualitas hidup untuk kehidupan yang kekal di akhirat nanti.
Demikianlah artikel yang saya berikan kepada teman teman, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.