Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tata Cara Berwudhu Yang Benar Beserta Manfaat Wudhu

Tata Cara Berwudhu Yang Benar Beserta Manfaat Wudhu

Sebagai seorang muslim, berwudhu merupakan salah satu syarat sah sebelum melakukan sholat. Dijelaskan dalam sebuah hadis betapa pentingnya berwudhu sebelum sholat, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya ‘’Allah tidak akan menerima shalat seseorang sampai ia berwudhu’’.


Tata Cara Berwudhu Yang Benar Beserta Manfaat Wudhu


Hal tersebut juga diperintahkan oleh Allah SWT dengan firman yang sudah dijelaskan dalam Al Qurna surah Al Maidah ayat 6 yang artinya’’ Hai orang orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku dan sapulah kepalamu dan basuh kakimu sampai dengan kedua mata kaki’’

Secara bahasa wudhu atau berwudhu artinya bersih atau membersihkan.
Sedangkan secara istilah, wudhu artinya membersihkan diri untuk menghilangkan hadas kecil. Berwudhu secara runtut dan benar akan menjadi syarat sah seseorang sebelum melakukan sholat.

Berikut ini cara berwudhu dengan benar dan sah ;

Membaca Basmallah sembari mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali.
Gerakan ini dilakukan dengan cara menyeka sela sela jari telapak tangan dimulai dari tangan kanan terlebih dahulu kemudian tangan kiri. 

Kumur-kumur sebanyak 3kali. 
Berkumur kumur sebanyak 3kali ini berguna untuk membersihkan mulut dari sisa makanan yang masih menempel pasa mulut.

Membasuh hidung. 
Membasuh hidung sebanyak 3kali dengan cara menghirup sedikit air kedalam hidung lalu dikeluarkan lagi. Hal ini berguna untuk membersihkan kotoran yang ada dalam hidung.

Membasuh muka. 
Membasuhmuka secara menyeluruh sebanyak 3kali dengan membaca niat 
‘’NAWAITUL WUDHUU-A LIRAF’IL HADATSIL ASHGHARI FARDHAL LILLAHI TA’AALAA’’
Yang artinya : saya berniat wudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu 
karena Allah ta’ala’’.

Membasuh kedua tangan sampai ke siku. 
Hal ini dilakukan dengan cara membasuh dari telapak tangan sampai siku dengan mendahulukan tangan kanan  kemudian baru telapak tangan kiri sebanyak 3kali.hal tersebut penting dilakukan karena juga menjadi salah satu syarat berwudhu.

Membasuh kepala. 
Membasuh kepala dimulai dari kening hingga ke ubun ubun sebanyak 3kali secara menyeluruh.

Membasuh telinga 
Dilakukan dari telinga bagian luar (daun telinga) hingga bagian luar secara menyeluruh sebanyak 3kali gerakan.

Membasuh kedua kaki 
Membasuh kedua kaki sebanyak 3kali secara menyeluruh tidak hanya pada bagian depan saja tetapi seluruhnya seperti tumit, karena hal tersebut merupakan syarat yang menjadi sah tidaknya sholat anda.

Membaca doa sesudah wudhu 
setelah proses berwudhu sudah dijalankan sesuai syaratnya, disunnahkan untuk membaca doa sesudah berwudhu dengan mengankat kedua telapak tangan, menghadap ke kiblat dan sikap yang khusyu.
‘’ ASYHADU ALLAA ILAAHA ILLALLAAH, WAHDAHU LAA SYARIIKA LAHU, WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAN  ‘ABDUHU WA RASULLUH. ALLAHUMMA  J’ALNII MINAT TAWWABIINA, WAJ’ALNII MINAL MUTATHAHIRIINA WAJ’ALNII MIN ‘IBAADIKASH SHALIHIINA’’
Yang artinya : ‘’  aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, tiada sekutu baginya,dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu utusan Allah. Ya Allah jadikanlah aku dari golongan orang orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-MU yang sholeh’’

Selain dari sisi ketaatan kita dalam menjalankan rangkaian ibadah, ternyata wudhu juga memiliki beberapa manfaat. Salah satu manfaat tersebut adalah dari segi kesehatan. Manfaat berwudhu bagi kesehatan tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
• Wajah akan lebih cerah
• Mencegah timbulnya jerawat 
• Mencegah percepatan keriput pada wajah
• Mencegah risiko kenker kulit
• Dapat menghilngkan stress
• Membersihkan mulut, hidung, dan telingan dari kuman
• Melindungi kulit dari jamur
• Berwudhu baik untuk jantung
• Meningkatkan konsentrasi 

Demikian ulasan kali ini tentang Tata Cara Berwudhu Yang Benar Beserta Manfaat Wudhu semoga bermanfaat dan terima kasih.