Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Iman Kepada Allah, Al-Asmau Al-Husna dan Hikmah Beriman Kepada Allah, Ringkasan Materi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Bab 1

Iman Kepada Allah, Al-Asmau Al-Husna dan Hikmah Beriman Kepada Allah, Ringkasan Materi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Bab 1 - Berikut adalah Soal Latihan untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Bab 1. Pada bab 1 ini tema yang dibahas adalah tentang iman kepada Allah, makna Al-Asmau Al-Husna dan Hikmah beriman kepada Allah SWT.

Iman Kepada Allah, Al-Asmau Al-Husna dan Hikmah Beriman Kepada Allah


Secara ringkas materi ini dapat dirangkumkan sebagai berikut :

Iman kepada Allah SWT adalah percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah itu ada, diucapkan dengan lisan dan diamalkan dalam perbuatan sehari - hari.
Al-Asmau al-Husna adalah nama-nama Allah yang baik. Diantara nya yaitu : al-Alim (Maha Mengetahui), al-Khabir (Maha Teliti), as-Sami (Maha Mendengar), al-Basir (Maha Melihat).

Cara meneladani asmaul husna dalam kehidupan sehaari-hari adalah dengan mencintai ilmu pengetahuan, gigih mencari ilmu, teliti dalam berbuat, mau mendengarkan masukan dari orang lain dalam hal kebaikan, selalu melihat dan mengamati dampak apa yang akan terjadi dan mampu mengatasinya.

Hikmah beriman kepada Allah SWT adalah akan selalu ditolong oleh Allah SWT. hati menjadi tenang dan tidak gelisah, dan mendatangkan keuntungan dunia akhirat.

Nah setelah mencermati ringkasan materi diatas mudah-mudahan dapat menjadi bahan latihan untuk menjawab soal-soal dibawah ini. Soal berikut terdiri dari 10 soal dengan bobot nilai 1.
Selamat Berlatih !

Pilihlah jawaban yang paling benar dari soal dibawah ini !
Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah arti dari ... .
 iman
islam
ihsan
takwa

Fatimah disuruh membeli minyak goreng di sebuah warung. Ketika menerima kembalian ia tahu bahwa jumlahnya lebih dari yang seharusnya, lalu ia mengembalikannya. Ia sadar bahwa Allah selalu mengawasi perbuatannya. Hal berikut adalah pernyataan bahwa Allah berifaat ... .
al-Alim
al-Khabir
 as-Sami'
al-Basir

Subhanallah, indahnya alam semesta dengan segala isinya. Semuanya tercipta dengan teratur dan seimbang. Fenomena alam tersebut merupakan bukti bahwa Allah Maha ... .
mengetahui
 teliti
mendengar
melihat

Hasan selalu berhati-hati dalam setiap ucapan dan perbuatan, karena ia yakin bahwa Allah senantias mendengarnya. Perbuatan tersebut merupakan pengamalan daari keyakinannya bahwa Allah SWT bersifat ... .
 al-Alim
al-Khabir
as-Sami'
al-Basir

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Alim adalah ....
 rajin dalam menimba ilmu
 berusaha menghindari kemungkaran
 bersikap dermawan kepada semua
 bersikap pemaaf kepada sesama

Allah SWT sendirilah yang mengetahui kapan terjadinya hari kiamat, mengetahui apa yang terkandung didalam rahim, mengatahui kapan akan turun hujan. Allah SWT Maha Mengetahui merupakan makna dari ....
 al-Alim
 al-Khabir
 as-Sami'
 al-Basir

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Khabir adalah ....
suka berbagi pengalaman dan pengetahuan
 senang menolong orang yang sedang susah
 menjadi suri teladan bagi orang lain
 bersemangat dan kreatif dalam segala hal

Allah SWT Maha Mendengar suara apa pun yang ada di alam semesta ini. Pendengaran Allah tidak terbatas, tidak ada satupun suara yang lepas dari pendengaran-Nya. Maha Mendengar merupakan makna dari ....
 al-Alim
 al-Khabir
 as-Sami'
 al-Basir

Allah SWT Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah pun melihat apa yang ada dilangit dan di bumi. Allah Maha Melihat merupakan makna dari ....
 al-Alim
 al-Khabir
 as-Sami'
 al-Basir

Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-Basir adalah ....
 introspeksi diri untuk kebaikan
 amar ma;ruf nahi munkar
 menjadi suri teladan bagi orang lain
 meu mendengarkan nasihat guru