Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Seni Budaya Yang Wajib Kamu Ketahui


Pengertian Seni Budaya yang Wajib Kamu Ketahui - Apa yang kamu fikirkan ketika mendengar seni budaya ? Menurut kamu sendiri, ada apa hubungannya di antara keduanya ? Nah, pada dasarnya, Seni dan Budaya ini tidak bisa di pisahkan satu sama lain, karena setiap karya seni ada definisi kebudayaan yang khas dan di setiap kebudayaan itu memiliki nilai seni yang indah.

Pengertian Seni Budaya Yang Wajib Kamu Ketahui


Seni adalah subdivisi yang sangat luas. Terdiri dari banyak sekali kreatif dan disiplin ilmu, Seni tersebut meliputi seni visual, seni sastra, dan juga seni pertunjukan musik, dan masih banyak yang lainnya.

Nah, pada kesempatan ini saya akan mengulas tentang pengertian Seni Budaya yang wajib kamu semua ketahui. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Pengertian Seni Budaya

Seni Budaya adalah istilah yang dihasilkan dari kolaborasi antara seni dan juga budaya, berikut ini adalah penjelasan ringkas tentang seni dan juga budaya :

Pengertian Seni

Kata SENI dalam bahasa Indonesia memiliki riwayat peristilahan yang tidak sederhana, baik jika dipandang dari segi terminologis maupun etimologisnya. Hal ini bermula karena ketiadaan padanan istilah yang pas dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Melayu untuk konsep art dalam bahasa Inggris atau kunsut dalam bahasa Belanda.

Awal mula kata SENI ini juga tidak begitu jelas dan memiliki banyak sekali teori, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kata SENI jika di pandang dari bahasa melayu yakni Sonik yang berasal dari kata So atau Se yang memiliki arti “SATU” dan digabung dengan kata NIK yang memiliki sesuatu yang sangat kecil atau khas. Kata sonik,sonit,seni itu sendiri artinya sesuatu yang halus dengan bentuk rupa atau sifatnya.

Sedangkan SENI dari bahasa sansekerta adalah persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus. Sehingga hal ini selalu dikaitkan dengan upacara keagamaan yang disebut dengan kesenian.

Pengertian Budaya

Kata Budaya berasal dari bahasa sansekerta yang artinya adalah sesuatu yang terkait dengan budi dan akal manusia. Didalam bahasa inggris, Budaya ini disebut dengan kata culture yang berasal dari bahasa latin colore yang memiliki arti mengolah atau mengerjakan. 

Sehingga hal ini bisa disimpulkan bahwa wujud budaya adalah hasil olahan atau pekerjaan budi dan akal manusia.

Kata budaya ini juga bisa diartikan sebagai suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya. Budaya terbentuk dari beragam unsur yang rumit, termasuk dari sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, dan masih banyak yang lainnya.

Dan bisa di simpulkan bahwa budaya adalah pola hidup yang menyuruh. Budaya memiliki sifat yang kompleks, abstrack dan sangat luas. Jadi, SENI BUDAYA adalah segala hal yang diciptakan oleh manusia berkaitan dengan cara hidup dan berkembang secara bersama sama pada suatu kelompok yang memiliki unsur keindahan secara turun temurun.

Demikianlah artikel yang saya sampaikan tentang pengertian seni budaya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.